Rajut Kekompakan, Perangkat Desa Leran Hadiri PPDI Gathering Kecamatan Manyar Tahun 2022

17 Oktober 2022
Administrator
Dibaca 215 Kali
Rajut Kekompakan, Perangkat Desa Leran Hadiri PPDI Gathering Kecamatan Manyar Tahun 2022

desaleran.gresikkab.go.id Guna merajut silaturrahmi, kekompakan, kekeluargaan dan guyub rukun antar Perangkat Desa di organisasi Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kecamatan Manyar, tentu diperlukan suatu kegiatan yang berguna untuk pengenalan, sharing antar perangkat desa di Kecamatan Manyar dengan melaksanakan gathering seperti yang dilaksanakan oleh PPDI Kecamatan Manyar.

PPDI Gathering Kecamatan Manyar tahun ini dilaksanakan pada tanggal 15 - 16 Oktober 2022 di Hotel Purnama Kota Batu dengan peserta kurang lebih 100 Perangkat Desa. Kegiatan tersebut juga dihadiri perwakilan dari Perangkat Desa Leran yaitu Bapak Mahmudi (Sekretaris Desa), Bapak Khoifin (Kasi Pemerintahan),dan Bapak Muhammad Budiyanto (Kepala Dusun).

Adapun susunan acara kegiatan tersebut sebagai berikut :

Tanggal 15 Oktober

1. Pembahasan Program kerja dan Sharing Pukul 13.30 WIB - 17.00 WIB

 

Acara dimulai dengan membaca Ummul Qur'an, menyanyikan Indonesia Raya dan Mars PPDI kemudian sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh Bapak Bambang (Ketua PPDI Kecamatan Manyar) , dalam sambutannya beliau menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan PPDI Kecamatan Manyar. Sambutan yang kedua disampaikan oleh Bapak Zainul Arifin selaku Camat Manyar, dalam sambutannya beliau mengajak seluruh Perangkat Desa untuk melaksanakan tugas dan fungsi sesuai peraturan perundang-undangan dalam membantu Kepala Desa untuk mensukseskan visi dan misi Kepala Desa serta menciptakan hubungan yang baik dan harmonis untuk bersama-sama membangun desa menjadi lebih baik.

Setelah sambutan, acara inti yaitu pembahasan Program Kerja dan sharing yang dipimpin oleh Bapak Miftach, dalam sesi ini beliau menyampaikan bahwa PPDI Manyar memiliki program kerja untuk kesejahteraan Perangkat Desa di Kecamatan Manyar yaitu pendampingan hukum bagi Perangkat Desa, Tali asih bagi Perangkat Desa yang mengalami kecelakaan/sakit keras, Tali Asih bagi Perangkat Desa yang pensiun dan Tali Asih bagi Perangkat Desa yang meninggal dunia. Selain itu juga beliau mengajak perangkat desa untuk mengirimkan doa kepada Perangkat Desa yang telah meninggal dunia.

Setelah dilakukan pembahasan Program Kerja dilanjut sharing dan tanya jawab, dalam sesi ini Bapak Mahmudi (Sekretaris Desa Leran) menyampaikan beberapa hal kepada Bapak Camat Manyar dan peserta forum yaitu :

  1. Perlu penyesuaian Penghasilan tetap (siltap) Perangkat Desa minimal UMK Gresik sebagaimana ketentuan pada pasal 3 Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Nomor 5 Tahun 2010 tentang Kedudukan Keuangan Kepala Desa dan Perangkat Desa sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Nomor  11  Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Nomor 5 Tahun 2010 tentang Kedudukan Keuangan Kepala Desa dan Perangkat Desa.
  2. Perlu perubahan Peraturan Bupati Gresik Nomor 87 Tahun 2021 tentang Penghasilan Tetap, Tunjangan Kepala Desa, Perangkat Desa dan Badan Permusyawaratan Desa, agar disesuaikan dengan Peraturan Daerah Gresik tentang Kedudukan Keuangan Kepala Desa dan Perangkat Desa dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2019.
  3. Perlu penetapan Peraturan Bupati tentang Pakaian Dinas dan Atribut Perangkat Desa sebagaimana amanat dari Pasal 9 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 83 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 67 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 83 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa.
  4. Perlu penetapan Peraturan Bupati tentang Tata Naskah Dinas Pemerintahan Desa, dengan menyesuaikan UU Desa dan Peraturan Turunannya sebagaimana amanat dari Pasal 10 ayat (2) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2017 tentang Standar Pelayanan Minimal Desa, khususnya stempel Perangkat Desa dalam menjalankan Tugas dan Fungsi Perangkat Desa.

Setelah dilaksanakan sharing dan tanya jawab, acara ditutup dengan doa.

Foto : Bapak Mahmudi (Sekretaris Desa Leran)

 

Foto : Bapak Khoifin (Kasi pemerintahan Desa Leran)

Foto : Bapak Muhammad Budiyanto (Kepala Dusun Desa Leran)

Foto : Bapak Khoifin dan Bapak Muhammad Budiyanto bersama Bapak Zainul Arifin (Camat Manyar)

 

 

2. Malam gembira dan pertunjukan musik pukul 19.00 WIB - 21.00 WIB

Kegiatan ini dilaksanakan secara santai untuk memupuk persaudaraan, persatuan, keharmonisan dan saling mengenal antar perangkat desa di Kecamatan Manyar.

 

Tanggal 16 Oktober

1. Senam dan Fun Game 06.00 WIB - 09.00 WIB

2. Wisata ke Selecta 12.00 WIB - 15.00 WIB

WhatsApp Image 2022-10-17 at 10-57-04

Itulah serangkaian kegiatan PPDI Gathering Kecamatan Manyar Tahun 2022.

BERSAMA KITA BISA, KITA BISA BERSAMA.