Sukseskan Nawa Karsa Gresik, Pemerintah Desa Leran menuju Desa SIAP.

31 Oktober 2022
MAHMUDI
Dibaca 138 Kali
Sukseskan Nawa Karsa Gresik, Pemerintah Desa Leran menuju Desa SIAP.

desaleran.gresikkab.go.id Desa SIAP merupakan salah satu program prioritas Nawa Karsa Bupati dan Wakil Bupati Gresik untuk menciptakan keterbukaan informasi publik desa dan pelayanan publik yang prima dan excellent di tingkat desa. 

Pemerintah Desa se-Kecamatan Manyar menggelar pelatihan Sistem Informasi Administrasi Pemerintahan Desa (SID) di Hotel Grand Inna Tretes, pada tanggal 28 hingga 30 Oktober 2022. Pelatihan ini bertujuan untuk mewujudkan pelayanan informasi publik desa dan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), mulai pemerintah daerah sampai ke pemerintah desa.  Kegiatan ini diikuti oleh 23 operator SID dan 23 sekretaris desa (Sekdes), dari 23 desa Se-Kecamatan Manyar.

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani dalam sambutannya mengatakan, keterbukaan informasi dan pelayanan publik yang prima dan excellent adalah sebuah keharusan dan keniscayaan, kalau dulu pelayanan pemerintah dikenal sulit, susah dan berbelit-belit, di zaman sekarang hal tersebut harus ditinggalkan.

Dengan memanfaatkan aplikasi OpenSID, Pemerintah Desa Leran akan memiliki basis Satu Data Desa dan mewujudkan keterbukaan informasi publik desa.